Lagu Malaysia Diduga Jiplakan

Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Lagu Malaysia Diduga Jiplakan

BukaBerita - Solo: Di tengah terusiknya nasionalisme rakyat Indonesia karena tari Pendet diaku sebagai budaya Malaysia, terungkap lagi adanya penjiplakan karya seniman Indonesia oleh Negeri Jiran itu. Tidak tanggung-tanggung, hasil karya seniman Indonesia berupa lagu berjudul Terang Bulan diduga telah dijadikan lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku, dengan judul dan syair yang telah diubah.


Lagu Terang Bulan direkam tahun 1956 di Radio Republik Indonesia Jakarta atau setahun sebelum Malaysia merdeka. Rekaman asli lagu itu tersimpan baik di perusahaan rekaman milik pemerintah Lokananta di Solo, Jawa Tengah, sejak 1965. Kemiripan antara Terang Bulan dan Negaraku memunculkan dugaan Malaysia telah menjiplak karya seniman Indonesia.

Dalam catatan arsip Perusahaan Negara Lokananta tidak tertulis jelas nama pencipta lagu Terang Bulan. Pihak Lokananta juga tidak bisa memastikan lagu tersebut telah diberikan Presiden Soekarno pada pemerintah Malaysia karena tidak ada arsip terkait penyerahan tersebut. Karenanya, pihak Lokananta mendesak pemerintah meminta klarifikasi dari Malaysia terkait temuan ini. Selengkapnya saksikan video berita ini [baca: Ternyata Banyak yang "Dipinjam" Malaysia].(ADO)

Baca Berita Lainnya:
1. Hasil Undian Liga Champion 2009-2010
2. Melanie Subono Mengidap Tumor
3. Rhani Hamil?
Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini