Jimly: Denny "tergelincir" Soal Paspor Gayus

Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jimly: Denny "tergelincir" Soal Paspor Gayus




BukaBerita ~ Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie mengkritik Sekretaris Satuan Tugas Pemberantas Mafia Hukum Denny Indrayana yang mengunggah foto paspor pria mirip terdakwa mafia pajak Gayus Tambunan ke akun twitter pribadi. Menurut Jimly, Denny tergelincir.

"Jadi, saudara Denny itu tergelincir sedikit dalam soal ini," kata Jimly usai acara Ikatan Sarjana Hukum Indonesia bertajuk 'Resolusi Hukum 2011: Menata Kembali Hukum Indonesia' di Four Season Hotel, Jakarta, Kamis 6 januari 2011.

Menurut Jimly, perlu dipisahkan antara institusi dan pribadi. Dan memang Jimly sendiri mengakui agak kesulitan memisahkan antara dua hal itu.

"Cuma sebagai pejabat publik, dia harus tahu bahwa itu masalah pubilk, masalah institusi dan mana masalah pribadi," ujarnya.

Bagi Jimly, kesulitan memisahkan institusi dan pribadi bisa berujung korupsi. Karena itu merupakan salah satu sumber korupsi.

"Walaupun tidak ada kaitan dengan korupsi ekonomi, tapi ini adalah salah satu contoh conflict of interest yang tidak dijaga antara pribadi dengan institusi," jelas Jimly.

Menurut Jimly, Denny sudah memasukkan urusan publik ke domain pribadi. Dampaknya, Denny mendapat keuntungan pribadi, seperti misalnya popularitas.

"Padahal, dokumen yang dipakai itu dokumen publik. Tapi memang kesalahan itu tidak terlalu serius. Cukup kita peringatkan saja jangan lagi begitu," ujar Jimly.

Sebelumnya, Denny mengakui, gambar paspor yang dia unggah di akun Twitter-nya itu, @dennyindrayana, berasal dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Gambar itu didapat Satgas melalui mekanisme resmi.

"Ini zaman social media, dan itu untuk menunjukkan ada indikasi permasalahan dalam dunia hukum," kata Denny kepada, Rabu, 5 Januari 2011.

Lantas kenapa tidak diunggah di situs ataupun akun Twitter resmi Satgas? "Twitter Satgas follower-nya sedikit dan situs Satgas belum banyak yang tahu. Jadi saya gunakan akun saya," kata Denny.

Baca Juga:
Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini