Bamsoet: Saya Dengar Bamus akan Buat Pansus untuk Kasus Sumber Waras

Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bamsoet: Saya Dengar Bamus akan Buat Pansus untuk Kasus Sumber Waras

 


Komisi III berencana mempertemukan kembali KPK dan BPK setelah lebaran nanti untuk membahas kasus Sumber Waras. Ketua Komisi III Bambang Soesatyo mendengar bahwa Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI akan membentuk panitia khusus kasus Sumber Waras.

"Kita merencanakan untuk tuntaskan soal kasus Sumber Waras. Kita jaga wibawa dua lembaga, KPK dan BPK," ujar Bamsoet setelah menggelar acara buka bersama Pimpinan KPK di kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2016).

"Kami juga mendengar tadi Bamus bahwa sudah memutuskan untuk membuat Pansus daripada kasus Sumber Waras. Tapi itu prosesnya mungkin baru selesai lebaran nanti ditindaklanjuti," imbuhnya.

Mengenai apa yang akan dicari oleh pansus, Bamsoet sendiri mengaku belum mengetahuinya. Dirinya sebagai pimpinan Komisi III pun belum mendapatkan penugasan.

"Saya belum tahu. Saya baru mendengar informasi dari Bamus tadi menyatakan akan buat Pansus Sumber Waras. Tapi pimpinan dewan, kami sendiri belum mendapatkan penugasan," kata politisi Partai Golkar ini.

Namun, Bamsoet menambahkan, bahwa dalam Pansus tersebut akan diikuti oleh minimal dua komisi, yaitu Komisi 3 dan 11. Karena BPK ada di komisi 11, dan KPK di Komisi 3.

Dalam kasus ini, Bamsoet bilang dirinya belum dapat menyimpulkan dimana titik yang membuat kesimpulan KPK dan BPK berbeda. Tapi secara implisit dia mengharapkan ada perubahan kesimpulan dari KPK yang menyatakan tidak ada kesalahan dalam pembelian lahan Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Ya (terhadap) dua-duanya, kita tidak bisa menyimpulkan apakah KPK yang salah, apakah BPK yang salah. Kita juga belum melihat. Tapi yang pasti, BPK tetap menyatakan ada kerugian negara. Sedangkan KPK sampai saat ini belum menemukan adanya perbuatan melawan hukum. Belum loh. Atau satu-dua hari ke depan. Atau satu hari nanti ada kemungkinan berubah," kata Bamsoet.

Pada saat audiensi nanti, Bamsoet mengatakan akan membahas lagi perbedaan kesimpulan yang didasarkan pada fakta-fakta hukum.

"Ya itu nanti kita gelar bersama. Tapi intinya adalah kita ingin dua lembaga ini wibawanya tetap kita jaga," ujarnya.


sumber: detik.com

Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini