Sutanto Baru Sadar Jakarta Macet Setelah Tak Menjabat KaBIN

Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sutanto Baru Sadar Jakarta Macet Setelah Tak Menjabat KaBIN


 

Nasional ~ Selama 2 tahun menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN), Jenderal (Purn) Sutanto kini menikmati kesehariannya sebagai rakyat biasa. Sutanto mengaku lega setelah melepaskan jabatannya tersebut.

"Saya merasa plong, merdeka," ujar mantan Kepala BIN, Sutanto dalam acara ramah tamah dengan Komisi I DPR RI di Hotel Intercontinental Mid Plaza, Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2011) malam.

Sutanto menuturkan, saat masih menjabat KaBIN, dirinya harus selalu siap sedia jika sewaktu-waktu dipanggil DPR, terutama Komisi I, terkait kejadian peledakan bom dan sebagainya. Kini setelah tak lagi menjabat, Sutanto mengaku lebih fokus pada keluarganya.

"Ya (kegiatan saat ini) sebagai warga negara biasa saja gitu. Dan tugas sebagai kepala keluarga yang tentunya harus kita laksanakan," tuturnya.

Menjalani hidup sebagai seorang rakyat biasa, Sutanto pun merasakan perbedaan. Jika sebelumnya saat menjabat sebagai Kapolri dan KaBIN, Sutanto selalu dikawal voorijder saat berpergian. Kini Sutanto ikut merasakan kemacetan ibukota yang tak pernah surut.

"Hanya ada yang saya rasakan, ternyata Jakarta ini macet. Dulu waktu masih Kapolri, masih Kepala BIN, kayaknya lancar-lancar saja," kelakarnya.

Sutanto yang selalu tampak sumringah ini pun kembali melontarkan candanya. Menurutnya, kegiatan sebagai rakyat biasa juga tak kalah penting.

"Tapi sekarang kedudukan saya lebih tinggi, karena saya rakyat, dan bapak-bapak wakil rakyat," canda Sutanto di hadapan anggota Komisi I DPR.

Pada 19 Oktober lalu, Presiden SBY resmi melantik Letjen Marciano Norman sebagai Kepala BIN yang baru, menggantikan Sutanto. Sutanto yang telah menjabat selama 2 tahun ini diketahui merupakan polisi pertama yang menduduki jabatan Kepala BIN.

Sebelumnya, jabatan kepala BIN selalu diduduki oleh jenderal-jenderal TNI. Kini dengan dilantiknya Marciano, SBY mengembalikan tradisi BIN selalu dipimpin TNI.

Marciano Norman sendiri adalah salah satu lulusan terbaik AKABRI tahun 1978. Dia memulai karirnya sebagai Danton Yonkav-7/Sersus. Karirnya menanjak terus. Marciano sempat menjadi Direktur Analisa Lingkungan dan Strategi (Diranlingstra) di Kementerian Pertahanan. Marciano juga pernah menjabat Danpaspampres, Pangdam Jaya dan Komandan Kodiklat


Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini